
Implementasi dari Permendikdasmen N0.13 tahun 2025 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi No. 12 tahun 2024 tentang Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah khususnya dalam pasal 16 yang mengatur tentang Pembelajaran Kokurikuler yaitu kegiatan pembelajaran yang di laksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan pengayaan dari kegiatan intrakurikuler dalam rangka pengembangan kompetensi terutama untuk mewujudkan 8 dimensi profil kelulusan. Untuk merealisasikanhal tersebut maka diadakan Pembelajaran Kokurikuler kurikulum merdeka di SMAN 1 Mijen dengan mengambil tema Peduli Lingkungan dengan melibatkan Lintas disiplin Ilmu yaitu :PAI, Bahasa Indonesia,Matematika,Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan dan yang dikuti oleh seluruh siswa kelas X,XI, dan XII.
Kegiatan pembelajaran ini berlangsung selama 2 hari dari hari Selasa –Rabu, 16 – 17 Sepetember 2025 dengan maksud untuk menciptakan ekosistem belajar yang menyenangkan, bermakna, memberdayakan dan memungkinkan siswa bisa tumbuh utuh.
Pembelajaran kokurikuler ini dilaksanakan dengan metode tatap muka di kelas,olah raga dilapangan, seminar, observasi lingkungan, diskusi laporan kerja.Adapun materi yang diberikan untuk hari pertama yaitu senam Anak Indonesia Hebat, seminar kesehatan tentang lingkungan, observasi kebersihan lingkungan, identifikasi lingkungan, diskusi kelompok. Pada hari kedua materi yang diberikan yaitu senam Anak Indonesia Hebat, seminar keagamaan terkait kebersihan lingkungan, permainan berkelompok tradidional ( dakon, lompat karet, ular tangga, monopoli,dll ) dan ditutup dengan evaluasi dan refeleksi sebagai perbaikan-perbaikan kegiatan berikutnya




